Wedding

What Did You Know About Wedding Ring?

Cincin telah menjadi simbol yang sangat lekat dengan pernikahan. Sebagai tanda ikatan pernikahan, tentu perlu pertimbangan yang sangat matang saat calon pengantin memilihnya. Cincin pernikahan akan menjadi sesuatu yang sangat sakral sekaligus memorable. “May your wedding rings represent a long never ending cycle of love and prosperity” – Unknow.

epic-photo-company_opa-rani-wedding_27
Picture From Wedding of Opa and Rani

Sebelum memilih menentukan pilihanmu, kami merangkum beberapa hal mengenai cincin pernikahan yang perlu kamu ketahui.

  1. The History of Wedding Rings

Pernahkah kamu bertanya-tanya, mengapa cincin dijadikan simbol cinta dan pernikahan? Ternyata ada sejarah panjang di balik itu semua. Ini berawal dari budaya Mesir Kuno yang menjadikan lingkaran sebagai simbol pernikahan. Namun, budaya di Era Kekaisaran Romawi lah yang kemudian memulai penggunaan cincin sebagai simbol pernikahan.

  1. Kenapa Cincin Pernikahan disematkan di jari manis?

Budaya Tiongkok percaya bahwa setiap jari merupakan representasi terhadap hubungan kekeluargaan. Mulai dari jempol yang melambangkan Orang Tua hingga jari kelingking yang melambangkan keturunan. Nah, jari manis menurut Budaya Tiongkok ini melambangkan hubungan dengan Pasangan.

Ada pula yang percaya bahwa cincin pernikahan harus disematkan di jari manis tangan kanan. Kebiasaan ini berasal dari kepercayaan Romawi Kuno, yang menganngap bahwa pembuluh darah di jari manis tangan kanan mengarah langsung ke Jantung. Sehingga muncul istilah, Pembuluh Darah Cinta (Vena Amoris).

Tapi tidak sedikit pula pasangan yang kemudian memilih memasang cincin pernikahannya di jari manis tangan kiri. Dengan anggapan bahwa jari manis tangan kiri merupakan bagian yang paling minimum bekerja. Sehingga tidak akan mengganggu efektivitas kerja dan cincin kesayangan tidak mudah rusak.

  1. Bahan terbaik untuk cincin pernikahan.

Memilih cincin pernikahan merupakan hal yang gampang-gampang susah. Ada banyak pilihan bahan yang tersedia. Bahan yang paling umum digunakan pasangan adalah cincin berbahan emas. Namun jika kamu ingin tampil beda, ada beberapa pilihan lain. Seperti emas putih yang merupakan campuran antara emas dan logam lainnya, perak atau seng misalnya. Emas putih memiliki ketahanan yang cukup mumpuni jika dibandingkan dengan emas biasa. Namun terkadang bahan jenis ini malah menimbulkan alergi pada pemakainya.

Bahan lainnya yaitu, Platinum. Dengan warnanya yang keperakan, tahan lama, dan terkesan mewah, bahan ini cukup banyak dijadikan pilihan oleh pasangan pengantin. Bahannya hypoallergenic alias tidak menimbulkan alergi. Namun, perlu budget yang lebih untuk memilih bahan ini dibandingkan dengan dua bahan sebelumnya.

Ada juga  cincin dengan bahan perak. Bahannya yang tahan lama dan lunak sehingga sangat mudah dibentuk. Belakangan ini juga muncul cincin berbahan titanium. Menjadi pilihan yang cukup populer karena bahannya yang kuat sekaligus ringan, hypoallergenic, tekstur yang mewah dan harganya cukup terjangkau. Pilihan mutakhir selain titanium adalah stainless steel.  Bahan ini menjadi populer dikalangan calon pengantin karena kualitas dan daya tahan, serta harga yang terjangkau.

  1. Klasik atau futuristik?

Untuk model cincin sendiri, ada beragam pilihan. Yang pasti kamu dan pasanganmu harus nyaman menggunakannya. Pertimbangan yang lain adalah desain yang kamu pilih sebaiknya sederhana namun tidak lekang oleh waktu.

  1. Graffir Cincin

Pasangan juga biasanya menuliskan sesuatu di balik cincin pernikahannya. Hal yang paling umum adalah nama pasangan dan tanggal pernikahan. Ada juga yang menuliskan inisial nama. Tapi kamu bisa mencoba sesuatu yang lain. Seperti quotes favorit kamu dan pasangan. Bahkan kalimat-kalimat romantis dalam bahasa asing.

 

Jangan terburu-buru memilih cincin pernikahan mu. Berusahlah untuk mencari referensi, dan yang paling penting sesuaikan dengan kondisi budget yang ada. Konsultasikan dengan pasanganmu agar cincin yang nanti kalian pilih sesuai untuk kamu dan dia.

Senang bisa berbagi. Semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s